Oleh: admin | 09/10/2016

apakah belajar bahasa pemrograman itu sulit?

Jawaban pastinya ada dalam diri anda. Jika saya menjawabnya maka tentu saya akan menjawabnya mudah. Saya telah melalui beberapa tahap dalam belajar bahasa pemrograman baik itu visual atau web.
Sebagian orang khususnya mahasiswa komputer mengatakan bahwa belajar bahasa pemrograman itu sulit kemungkinan disebabkan beberapa hal:
1. Tidak ada niat dalam belajar.
2. Malas dalam belajar.
Sangat disayangkan bagi anda mahasiswa komputer sampai di wisuda dan mendapatkan gelar S.xxx tidak tahu membuat aplikasi/software, walaupun yang sederhana saja. Apa yang anda lakukan semasa menempuh pendidikan 3, 4 tahun dikampus anda?
Saya mengapresiasi beberapa teman dan senior saya yang bukan jurusan komputer tapi ternyata mereka pakar dalam pembuatan software dan ternyata juga ada rahasia cara belajar mereka yang sudah diketahui oleh orang yang jurusan komputer tapi tidak dilaksanakan karena malas tadi.
Apa rahasianya:
Mereka habiskan waktu yang tidak terpakai dan tidak penting untuk belajar algoritma dan coding program, belajar sendiri dan belajar pada orang lain (ahlinya program).
Menjawab pertanyaan diatas, apa yang dilakukan mahasiswa komputer sampai lulus tidak tahu pembuatan aplikasi/software walaupun sederhana saja?
Coba lihat aktifitas mereka. Mereka lebih pentingkan jemput dan antar jalan-jalan pacar mereka (bukan istri). Yang sudah nikah dan umur masih muda (< 30 Thn), menggunakan alasan karena sibuk urus istri/suami padahal itu bukan alasan yang tepat. Lebih suka main game dan dengar musik bahkan sampai keras-keras suaranya tiap hari. Lebih banyak galau dan lebay dengan menulis status di facebook tiap hari seakan-akan dunia ini mau kiamat, karena pacarnya tadi. Tidak ada aktifitas belajar tambahan, hanya dari kos ke kampus, kampus ke kos. Mereka segan meminta kesempatan waktu kepada dosen pengajarnya untuk minta les privat tambahan dirumah. Lebih parah lagi, sampai lulus tidak pernah ke perpustakaan. Satu lagi, mereka enggan keluarkan uang mereka hanya untuk membeli buku referensi bahasa pemrograman dan masih banyak lagi.
Jadi, jika anda seperti yang saya sebutkan diatas jangan salahkan dosen/pengajar anda. Kecuali dosennya gak pernah masuk kelas. Dan pastinya, anda tinggal menunggu bom waktu untuk disingkirkan dari peluang pekerjaan dan gagalnya menciptakan hal-hal baru. Itu aja,,,,
Semoga bermanfaat…..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: